My Own Happiness Project

My Own Happiness Project
because happiness begins inside and flows out...

20080301

bengawan solo...

Lagu ini memang popular di kalangan kaki-kaki karaoke vateran, sudah banyak kali saya mendengar lagu ini tetapi tidak tahu apa-apa tentangnya sehingga terbuka hati untuk search dalam internet...

Bengawan Solo, riwayat mu ini
Sedari dulu, jadi perhatian Dewi Sari
Musim kemarau, tak seb'rapa airmu
Di musim hujan, air meluap sampai jauh

Mata airmu dari Solo,
Terkurung gunung seribu
Air mengalir sampai jauh
Akhirnya ke laut

Itu perahu, riwayatnya dulu
Kaum pedagang selalu
Naik itu perahu

*******************************************************************
Petikan dari blog yang saya jumpa tentang sungai Bengawan Solo...
Situs tersebut berada di belokan Bengawan Solo yang dalam dan airnya mengalir deras. menurut nakhoda perahu yang kami sewa sih dalam sungan Bengawan Solo pada daerah itu sekitar 15 meter dan pusaran airnya kuat, makanya terkesan hieum (angker).

Situs purba dengan background Gunung LawuKarena hari dah menjelang malam, kami pun segera pulang setelah sebelumnya menyempatkan mengambil gambar sunset di situs purbakala dengan background Gunung Lawu.

Ada yang menarik tentang Bengawan Solo ini. Selama ini kita taunya bahwa Bengawan Solo mengalir ke utara menuju Laut Jawa. Ternyata pada jaman purba Bengawan Solo tuh mengalirnya ke Selatan atau ke Samudra Indonesia. Hal ini terjadi karena lempeng Sunda (Asia) yang dominan mengandung aliminium dan kalsium terangkat oleh lempeng Australia yang dominan mengandung silika. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Pantai Selatan Jawa Didongkrak !
Misi tambahan semasa di Solo: ambil gambar Bengawan Solo!

No comments: